State of mind is FORGIVENESS

Memaafkan memang nampak mudah diucapkan, namun sangat sulit dilakukan.
Yuk pahami dan kenali lebih dekat bagaimana memaafkan…
Memaafkan melibatkan 3 elemen yang harus secara keseluruhan dilakukan dan merupakan satu kesatuan yang utuh. Apakah 3 elemen tersebut yakni pikiran ; perasaan dan tindakan tertentu.
Seseorang yang mengatakan memaafkan namun ia hanya melakukan dalam pikiran, dan perasaan nya masih belum bisa mengikhlaskan, yang terbukti dengan tindakannya tidak mencerminkan makna memaafkan. Hal ini bukanlah memaafkan, karena 3 elemen tersebut tidak dapat di penuhi secara keseluruhan.

Memaafkan BERBEDA dengan Melupakan

Memaafkan bukanlah untuk melupakan peristiwa
Memaafkan adalah saat seseorang tetap mengingat peristiwa yang dialaminya namun dia telah terbebas dari emosi-emosi yang tidak nyaman berupa kemarahan, kekesalan dan dendam termasuk emosi-emosi negatif lainnya.
Singkat kata ketika memaafkan artinya dia sudah bisa “berdamai” dengan emosi masa lalu yang tidak nyaman dan “mengikhlaskan”. Hal ini sangat berbeda dengan konteks melupakan, karena melupakan sesungguhnya adalah sebuah proses berusaha menyimpan&menyembunyikan ingatan hal-hal yang tidak ingin disadarinya.

“Mengapa saya harus memaafkan dia? 😡😠☠”
(dengan nada emosi jiwa..)
“Apa alasan Anda bertahan untuk tidak memaafkan?”
(dengan nada datar…)
– Memposisikan diri sebagai korban yang dirugikan
– Menunjukan diri sebagai pihak benar namun menjadi korban
– Pembenaran wajar bila kemarahan diimbangi dengan tidak memaafkan
– Bila memaafkan dianggap lemah (tiada berdaya)
– Bila memaafkan adalah bentuk ketidakmampuan membela hak
– Sebagai “hukuman/ganjaran” bagi pelaku

“Saat Anda memaafkan, Anda tidak sedang mengubah masa lalu, tetapi Anda yakin sedang mengubah masa depan.” (Bernard Meltzer)

“Pernikahan bahagia adalah penyatuan dari dua orang yang pemaaf.” (Robert Quillen)

Menahan atau menunda memaafkan seperti Anda baru ingin mengeluarkan bisa ular yang sudah terlanjur menjalar 15 menit yang lalu. Meskipun berhasil dikeluarkan namun kerusakan yang ditimbulkan sudah sedemikian parah.