▶️ Siklus Pernikahan…

Tahun pertama…
Tahap melihat pasangan sebagaimana ada nya dengan semua kelemahan. Mulai dalam proses realisasi.

Tahun 3-4…
Mulai merasakan “zona nyaman” sendiri dan hal-hal romantisme mulai terkikis

Tahun 5-7…
Masa ini adalah salah satu periode paling penting dalam pernikahan. Pasangan punya kehidupan yang baik dan hubungan yang menetap arti nya pasangan saling tahu segalanya satu sama lain. Rutinitas masing-masing meningkat dalam segala kegiatan.

Tahun 10-15…
Salah satu fase tersulit, khusus nya besar nya tanggung jawab terhadap pertumbuhan anak-anak akan membuat kualitas hubungan antar pasangan menurun.

Tahun 20-30…
Pada fase ini pasangan mulai kembali mendapatkan kembali waktu kebersamaan, karena anak-anak telah beranjak dewasa dan mulai kehidupan pribadi mereka. Namun ada suatu rasa yang “kosong” mungkin disebabkan dirasa tanggungjawab nya terhadap anak-anak yang telah mandiri is DONE.
Saat ini adalah tepat untuk mencari makna lain dari keberadaan Anda sebagai pasangan.

Pernikahan tidak menjamin kebahagiaan, karena kebahagiaan pernikahan itu tidak diberikan cuma-cuma namun kebahagiaan dalam pernikahan harus diperjuangkan khusus nya saat “fase sulit” dan akan selalu di uji oleh kehidupan.
Hal terpenting dalam pernikahan adalah kesetiaan & komitmen sebagai konsekuensi sebuah tanggung jawab dan bukan hanya semata untuk tujuan kebahagiaan.

Visit our Instagram @ertamentari.psikolog to more story & articles.