KONSELOR PERNIKAHAN

“Perceraian sangat mahal harganya” banyak hal yang harus dibayar karena begitu banyak konsekuensi negatif yang menjadi resiko perceraian, baik bagi individu maupun lingkungan sosialnya.

Apa sesungguhnya KONFLIK MARITAL

Setiap perkawinan tidak akan terhindar dari konflik, walaupun salah satu pasangan memutuskan mengalah tidak berarti tidak ada konflik sama sekali, konflik akan tetap ada dalam hati yang paling dalam dan mendasari kualitas relasi selanjutnya dengan pasangannya.

Dua orang yang berbeda kemudian bersatu dalam pernikahan tidak akan pernah menjadi identik

Salah satu faktor utamanya kekecewaan dalam hubungan pasangan adalah keyakinan bahwa kebutuhannya tidak akan dapat dipenuhi oleh pasangannya, bahkan pasangan yang begitu saling mencintai dapat mengalami kegagalan karena merasa tidak bahagia.

Peran seorang konselor pernikahan adalah mendorong kedua pasangan untuk membawa ketidaksesuaian diantara pasangan secara terbuka sehingga kedua pasangan mengalami pertumbuhan konflik yang positif dari interrelasi yang terbina melalui kemampuan mereka mengatasi ketidaksesuaian dan menghindari pertengkaran.

Mengelola konflik marital menjadi konflik yang berguna positif dan bukan membiarkan konflik marital menjadi destruktif.

Pada umumnya pasangan suami-istri mencoba “mengelola” konfliknya namun tidak tertutup kemungkinan bahwa konfliknya akan justru menghancurkan (destructive conflict), masing-masing “memperkuat kekuasaan” yang tidak diakui, merasa dieksploitasi, merasa tidak puas, merasa tidak dipercaya dll.

Berdasarkan pengalaman ada beberapa area konflik dalam kehidupan pernikahan.
– masalah keuangan
– pola mendidik anak
– hubungan pertemanan
– hubungan dengan keluarga besar
– aktivitas yang dilakukan namun tidak disukai pasangan
– pembagian peran dalam rumah tangga
– berbagai masalah sekunder lain nya.

Biasanya sumber konflik tidak dapat didefinisikan oleh kedua pasangan, namun mereka merasakan ada “sesuatu” yang menghalangi kedekatan relasi mereka sebagai pasangan.

Dalam hal ini lah peran konselor sebagai “penjembatan” dengan pendekatan secara professional dan memahami aspek psikologis masing-masing pasangan secara faktual, maka akan membantu mengelola konflik menjadi positif dan terbuka bagi masing-masing pasangan.

Berkonsultasi tentang berbagai konflik pernikahan dengan konselor pernikahan bukan lah hal yang tabu atau memalukan.

Bahkan hal itu menjadi sangat penting karena mempertaruhan sebuah mahligai pernikahan yang menyangkut kelangsungan masa depan pribadi, keluarga besar, termasuk anak kandung

Sesi konseling dengan psikolog akan mendorong percepatan penyelesaikan konflik secara seimbang dalam segala aspek kehidupan dan bukan hanya marital konflik saja, namun kebanyakan para pasangan belum menyadari pemikiran nya secara terbuka sepenuhnya.

Banyak aspek yang mendasari terjadinya marital conflict ini yang mengancam keutuhan sebuah pernikahan.

 

KONSELOR KELUARGA DAN ANAK

Terjadinya konflik dalam sebuah keluarga akan memberikan dampak secara langsung terhadap perkembangan anak.

Peran konselor dalam hal ini akan terkait dengan hubungan konflik antara orang tua dan anak dalam sebuah keluarga.

Anak adalah jelas menjadi korban yang paling rentan dan rapuh terkait usia dan pemahaman mereka tentang permasalahan kedua orang tua nya.

Dibutuhkan perhatian yang kuat dari kedua orang tua nya agak anak tidak merasa ditolak atau terbuang dll.

 

KONSELOR PRA NIKAH

Pernikahan adalah sebuah fase kehidupan baru yang sungguh akan berbeda dari sebelumnya. Oleh karena itu tentu banyak hal yang layak untuk dipersiapkan dan diketahui terutama pengenalan terhadap calon pasangan hidup Anda.

Tidak semua pasangan mengenal satu sama lain dengan baik sebelum menikah, dan ketika benar-benar belajar untuk mengenal satu sama lain selama bertahun-tahun kebersamaan itu, mereka mungkin sadar bahwa mereka bukanlah pasangan yang tepat.

Penyesalan yang paling berat adalah menyadari berapa waktu yang telah terbuang hanya untuk hidup bersama orang yang tidak tepat.

Banyak yang mengatakan setelah perkawinan terjadi, mereka seperti menghadapi sosok lain yang tidak pernah dikenal. Pasangan hidup mereka ternyata adalah orang yang sangat berlawanan dengan yang mereka ketahui.

Cinta yang dulu dirasakan manis saat mereka masih berpacaran tiba-tiba menghilang entah kemana, yang tertinggal rasa hambar, formal, teratur, dingin dan penuh kepura-puraan.

Akhirnya mereka harus mempelajari dari awal seperti apakah kepribadiaan pasangan hidupnya yang sesungguhnya, dan itu memerlukan energi yang luar biasa besar sampai pada akhirnya mereka merasa kelelahan yang tidak dapat dimengerti hingga pada titik tersebut, kualitas kehidupan mereka sudah sangat memburuk.

Banyak kasus yang terjadi ketika seorang perempuan memutuskan untuk menikah. Mereka menjadi terlalu banyak berharap terhadap suaminya terutama yang berkaitan dengan konsep “bahagia”, seolah berupaya mencari pengganti nilai kebahagiaan yang tidak diperolehnya di masa lalu.

 

PSIKOTEST

Psikotest bertujuan mendeskripsikan secara utuh tentang aspek-aspek psikologis seseorang sesuai kebutuhan dan keperluan klien.

Psikotest ini dapat pula untuk mengetahui kondisi kejiwaan dari seseorang maupun kepribadiaan yang belum diketahui pada diri seseorang.

 

HIPNOTIS

Hipnosis adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menjangkau pikiran bawah sadar dengan cepat dan mudah.

Alam bawah sadar bekerja tidak melalui kendali sadar kita dan tidak berlogika.

Menembus “critical factor” yang menjadi batas antara pikiran sadar dan bawah sadar untuk memperbaiki semua “program” di alam bawah dasar.
Mengubah pola pikir dan perilaku sesuai yang diharapkan menjadi perilaku baru yang positif melalui hipnosis “Anda adalah produk dari pikiran Anda. Apa yang Anda katakan pada alam bawah sadar adalah apa yang dipercayainya.

Anda bisa memprogramnya untuk memberikan semua yang Anda inginkan, hanya jika Anda tahu cara “berbicara” kepadanya.” Bila mampu mengendalikan dan memaksimalkan pikiran bawah sadar, banyak hal positif yang dapat diperoleh.

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang potensi pikiran bawah sadar sbb :
✔Pikiran bawah sadar mengendalikan rasa Kecemasan (Panic Disorder | Phobia | Anxienty Disorder | Social Disorder | OCD | PTSD etc.) Ketakutan dan kecemasan akan terus tersimpan di memori jangka panjangnya.

Kecemasan berlebihan akan memberikan pengaruh buruk terhadap Anda, secara emosional | kognitif(berpikir jernih)| fisiologis (sistem saraf).

Kecemasan muncul secara spontan saat Anda mengalami suatu peristiwa yang dikendalikan pikiran bawah sadar.

Meskipun pikiran sadar menolak perilaku buruk tetapi perasaan negatif seperti datang dengan sendirinya tanpa disangka-sangka.

✔Pikiran bawah sadar merupakan sumber kekuatan luar biasa dalam diri manusia namun pikiran bawah sadar tidak mampu membedakan antara yang baik dan buruk. Pikiran bawah sadar tidak bermain dengan logika.

✔Pikiran bawah sadar walau lebih cerdas namun bisa membuat kesalahan apabila mendapat “tekanan atau paksaan” dari pikiran sadar yang sudah dikendalikan oleh hal-hal negatif.

✔Pikiran bawah sadar dikatakan tidak sadar dimaksudkan bahwa manusia pada umumnya tidak menyadari baik keberadaannya maupun cara kerjanya.

Pikiran bawah sadar selalu sadar dan waspada sekalipun sedang tidak aktif, seperti saat terhipnosis pikiran bawah sadar menyadari segala sesuatu yang ada di pikiran sadar, tetapi tidak sebaliknya.