Psikotes

 

Psikotes merupakan sebuah proses evaluasi atau tes tertulis, visual atau verbal yang dilakukan oleh ahli psikologi (Psikolog) untuk menilai fungsi kognitif dan emosional seseorang.

Psikotes digunakan untuk menilai berbagai kemampuan dan atribut mental, termasuk pencapaian dan kemampuan, kepribadian, dan fungsi neurologis anak-anak hingga orang dewasa.
Psikotes dapat mengobservasi tingkah laku individu dan menggambarkannya melalui skala angka atau sistem kategori

Melalui berbagai tolok ukur yang dijabarkan lewat materi tes, Psikolog dapat mengetahui kondisi kesehatan mental, kepribadian, tingkat intelengensi (IQ), hingga kekuatan dan kelemahan seseorang.

Implementasi tes tertulis maupun wawancara yang dilakukan dalam tes psikologi memiliki standar baku internasional.

Dalam dunia medis, tes psikologi dilakukan untuk mendeteksi kelainan mental pada diri seseorang sekaligus memutuskan tindakan yang dapat diambil sebagai bagian dari pengobatan atau terapi.

Dalam dunia kerja, melakukan psikotes bertujuan untuk memprediksi performa kerja seseorang berdasarkan kepribadiannya (bakat/minat/IQ).

Dalam dunia pendidikan, sering digunakan untuk syarat proses penerimaan pelajar di institusi/lembaga pendidikan yang menetapkan standard (kriteria) tertentu, sehingga dibutuhkan laporan psikotest sebagai syarat nya.

.