▶️ Motivasi & Pengembangan Diri
.
Pengembangan dan Motivasi Diri demi Sehat Mental
Siapa yang diantara kita tidak ingin berkembang? Saya percaya bahwa menjadi pribadi yang lebih baik adalah target utama dalam diri kita namun tidak jarang kita menyerah saat menemui kesulitan-kesulitan yang mengiringi perubahan diri kita, untuk itu kita membutuhkan motivasi dalam diri kita untuk tetap terjaga fokus kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Apakah motivasi itu?
ABRAHAM MASLOW (1943-1970) menjelaskan tentang teori motivasi bahwa pada dasarnya semua manusia memiliki kebutuhan pokok. Maslow menguraikan teori motivasi dengan menunjukkannya dalam 5 tingkatan yang berbentuk piramid, yaitu kebutuhan dasar hingga aktualisasi diri.dengan terdapat kaitan motivasi dan kevutuhan maka kita dapat menyimpulkan bahwa motivasi adalah daya pendorong dari keinginan kita agar terwujud, sebuah energi pendorong yang berasal dari dalam kita sendiri. Lalu bagaimana cara kita meningkatkan motivasi :
1. Kenali diri kita apa kelebihan dan apa hal yg perlu kita kembangkan dalam diri.
2. Tuliskan tujuan-tujuan kita, apa yang ingin kita raih dalam hidup kita
3. Buat impian itu diketahui banyak orang, agar mereka mengingatkan kita untuk fokus meraih impian kita.
4. Antusias
5. Rasa takut diperlukan untuk kita waspada namun tetap dalam porsi cukup saja. Jika berlebih ini bisa megakibatkan kita sulit meraih mimpi kita.
6. Lakukan sekarang, jangan pernah memunda melakukan sesuatu, lebih baik kita mencoba walaupun gagal dari pada kita menyesal karena belum berusaha atau mencobanya.
7. Hindari berpikiran negatif, lihatlah tantangan dari sudut pandang berbeda sehingga harapannya kita lebih bisa positif thinking dengan setiap kondisi yang kita hadapi.
Hal lain yang juga sama pentingnya dalah keterbukaan kita terhadap masukan dari orang lain. Feeed back (Suatu proses dimana seseorang memberitahu berdasarkan PENGAMATAN dan PERASAANNYA) kita perlukan agar kita mampu membuat refleksi atas apa yang telah kita lakukan, sekaligus juga memberikan masukan pada orang-orang sekitar. Tentunya itu semua harus dilakukan dengan terbuka à Objektif, jujur, agar bermanfaat bagi pengembangan diri kita dan orang lain secara lebih luas.
Untuk mencapai pengembangan diri yang semakin menuju ideal maka perlu pula bagi kita untuk memgembangkan kepercayaan diri, yaitu dengan:
✔ Mengenali kekuatan dan kelemahan diri
✔ Membekali diri dengan wawasan dan pengetahuan yang cukup sebagai bentu edukasi
✔ Menjadi diri sendiri (bagian dari cara kita menghargai dan mencintai diri)

Dengan uraian diatas saya berharap kita bisa memasuki tahap latihan langsung untuk mengembangkan diri kita yaitu dengan ambilah selembar kertas dan pena, kemudian tuliskan tujuan anda, dengan lebih dahulu berfikir dengan tenang kemudian tuliskan impian-impian kita dengan detail (spesifik, jelas, ringkas, dan berikan gambaran fisiknya), lakukan visualisasi. Bayangkan dengan jelas ketika Anda sudah mendapatkan tujuan-tujuan tersebut apa yang anda lakukan dan bagaimana perasaan anda saat itu.
Jadi cara memotivasi diri yang efektif harus diawali dengan mengetahui keinginan diri, menentukan langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai keinginan tersebut, Fokus, Disiplin diri.
Ingatlah bahwa anda adalah agent perubahan diri anda.
Mulai kapan? Saat ini dan untuk masa depan. Karena kita tidak bisa merubah masa lalu namun kita harus memperjuangkan hidup lebih baik kedepan maka mulailah kita bergerak menggapai mimpi kita mulai dari sekarang.
Selamat mencoba sukses selalu salam sehat dan bahagia untuk kita semua
(Surabaya, 15 juni 2020; dari berbagai sumber)