Kesehatan Mental

 

Awalnya masyarakat beranggapan bahwa konsultasi ke psikolog hanya untuk mereka yang mengalami gangguan kejiwaan (mental) yang berat, namun saat ini masyarakat telah semakin memahami & mengerti bahwa konsultasi psikolog bertujuan preventif dan menyadari bahwa kesehatan mental telah menjadi kebutuhan dasar, karenanya setiap ada problem kehidupan dalam bentuk apapun merupakan harus bisa diselesaikan dengan kesehatan mental yang baik.
Setiap permasalahan dalam bentuk apapun, bilamana tidak memiliki kesehatan mental yang cukup baik akan rentan terhadap munculnya gangguan-gangguan mental seperti stress, depresi dan lain-lain.
Kesehatan Mental menjadi kunci dalam menghadapi & menyelesaikan tantangan hidup yang pasti selalu ada.
Kesehatan mental akan menjadikan seseorang dapat menggunakan kemampuan dan potensi diri secara maksimal.
Perlu dipahami bahwa kondisi kesehatan mental dan fisik saling terkait dan saling mempengaruhi.
Tuntutan hidup yang berdampak pada stres dapat berdampak langsung pada gangguan kesehatan mental.
Pertanyaannya sepenting apa keharusan untuk menjaga kesehatan mental ? Atau seberapa bahaya dampak & akibat dari adanya gangguan kesehatan mental ?
Faktanya banyak penderita gangguan kesehatan telah sampai pada tahap bunuh diri, apakah hal ini merupakan hal yang serius dan penting?
Saya yakin Anda kini telah lebih memahami seberapa serius dan pentingnya hal ini.
Pada umumnya adanya gangguan kesehatan mental tidak nampak secara kasat mata namun berdampak pada jangka panjang, walaupun terdapat gejala-gejala yang menyertainya, hal ini tentunya berbeda dengan kesehatan secara fisik yang lebih mendapat perhatian.
Kesehatan Mental sangat dipengaruhi oleh suatu peristiwa besar dalam kehidupan dan akan akan meninggalkan dampak yang besar pada kepribadian serta perilaku seseorang.
Jika kesehatan mental terganggu maka akan terjadi gangguan mental.
Banyak jenis dari gangguan mental termasuk gejala-gejala gangguan mental yang menyertai.
✔ Gangguan Kecemasan
✔ Gangguan Suasana Hati (mood)
✔ Gangguan Kepribadian
✔ Ganguan Traumatis
✔ Konflik (Keluarga/Pasangan)
✔ Fobia
✔ Kecanduan (Adiksi)
✔ Krisis Identitas Diri
✔ LGBT dsb