▶️ Lebih dekat mengenal tentang DEPRESI

Banyak orang memendam perasaan dendam justru menyebabkan dirinya jatuh dalam lubang ketidakberdayaan.
Ketidakberdayaan yang justru semakin memperdalam masalah yang dihadapi. Terkadang tidak mampu lepas dari jeratan masalah dan bingung mencari solusi untuk hidup bahagia.
Ketika rasa takut, ketidakberdayaan, demotivasi mulai nampak dalam diri maka keadaan tersebut akan mengantarkan pada fase DEPRESI.

Depresi tak mengenal usia maupun gender, namun lebih dominasi terjadi pada pihak perempuan.
Depresi adalah merupakan gangguan mental dan terganggunya fungsi manusia terkait dengan perasaan dimana kondisi mood seseorang mengalami ketidakstabilan yang mengakibatkan hilangnya motivasi dan terganggunya sistem energi dalam diri.

Mengapa DEPRESI dapat terjadi dan menghampiri hidup kita ?
Perasaan marah | merasa tertekan | terancam | tak dihargai | merasa bersalah | tak berdaya yang terus menekan di dalam pikiran dan kemudian tersimpan dengan sangat rapi di pikiran BAWAH SADAR (hal ini pernah diulas pada materi Hipnoterapi & Alam Bawah Sadar)
Jika kita membiarkan masalah memimpin diri kita pada suatu saat hal itu akan muncul dari dalam pikiran bawah sadar dan akan menjadi stres yang dapat berkelanjutan pada keadaan depresi.
Depresi pada tingkat akut (tinggi) dapat memunculkan efek plasebo, yakni bahwa pikiran positif atau negative dan keyakinan akan terjadi sesuatu yang besar dalam dirinya. Apapun yang Anda pikirkan itulah yang akan Anda rasakan.
Stres dan depresi yang dialami terus-menerus akan menyebabkan psikosomatis, yakni keadaan dimana masalah psikia menyebabkan terjadinya sakit pada fisik.
Keadaan ini sebenarnya merupakan bentuk komunikasi dari otak bawah sadar ke otak sadar untuk segera menyelesaikan akar permasalahan dari depresi tersebut.

▶️ Gejala Depresi
Perubahan perasaan mendadak namun tak berlangsung lama seperti marah | kehilangan minat dalam beraktivitas | keadaan mudah lelah atau rasa lelah yang nyata setelah melakukan aktivitas walau hanya hal kecil.
Konsentrasi dan perhatian berkurang | harga diri dan kepercayaan diri menurun drastis | merasa bersalah dan tidak berguna | selalu merasa pesimistis dan tak bersemangat terhadap masa depan | memungkinkan melakukan tindakan yang membahayakan diri sendiri | terjadi gangguan tidur termasuk selera makan berkurang.
(Ikuti kisah berikutnya dalam pemaparan lebih mendalam tentang Depresi pada materi selanjutnya ▶️)

🆘️ Release (lepaskan) segala beban permasalahan Anda yang dapat membawa ke arah stres atau depresi berkelanjutan. Sayangi kehidupan Anda dan orang-orang tercinta disekitar Anda.
Hidup Anda terlalu berharga bila harus tertimpa permasalahan ini, minta bantuan kepada psikolog yang ahli dan profesional untuk dapat mengarahkan jalan keluar dari stres dan depresi yang sangat berbahaya ini. Save your life, save your family….

“Anda mungkin tidak dapat mengendalikan keadaan, tapi Anda dapat mengendalikan pikiran Anda. Pikiran positif yang menghasilkan perbuatan dan hasil yang positif.”
(Dr.Ibrahim Elfiky)

(Visit our Instagram @ertamentari.psikolog for more story & articles)