▶️ Dampak Anak dalam Perselingkuhan

Sakit hati, kecewa, merasa dikhianati sudah jadi dampak yang PASTI termasuk kepada ANAK saat tahu salah satu dari kedua orang tua nya selingkuh.
Dampak umum yang nyata bagi seorang anak adalah syok, marah, gelisah bahkan malu dengan lingkungan sekitarnya karena kasus perselingkuhan salah satu orang tua nya.
Dampak lain nya adalah anak tersebut akan kesulitan untuk membangun kepercayaan, cinta dan kasih sayang dengan seseorang di masa depan nya nanti.
Beberapa dampak buruk kepada anak dapat digambarkan sebagai berikut :
1. Sulit mempercayai seseorang dan cenderung mudah bermain dengan komitmen sebuah kesetiaan.
2. Ketika anak ikut merahasiakan perbuatan perselingkuhan salah satu orang tua nya,hal ini akan memberikan beban mental yang luar biasa berat karena rasa bersalah, tekanan orang tua yang berselingkuh, kecemasan dan terutama rasa menghianati keluarga yang bisa membuat depresi.
3. Menilai bahwa suatu pernikahan bukan lah hal yang sakral, sebuah kesetiaan menjadi tidak penting dan sulit memahami arti kesetiaan, arti mencintai seseorang bahkan arti penting nya pernikahan itu sendiri.
4. Batasan antara BENCI dan RINDU menjadi bias karena traumatik dan telah kehilangan esensi dari makna rindu kepergian orang tua nya yang bersalah.
5. Gangguan perilaku adalah dampak selanjut nya yang berbahaya bagi pertumbuhan anak karena dapat menjurus terlibat pada perilaku yang salah sebagai bentuk pengalihan emosi perasaan yang sedih, marah dan bingung.

Anak adalah jelas menjadi korban yang paling rentan dan rapuh terkait usia dan pemahaman mereka tentang permasalahan kedua orang tua nya.
Dibutuhkan perhatian yang kuat dari kedua orang tua nya agak anak tidak merasa ditolak atau terbuang dll.
Beri anak ruang dan waktu agar lebih memahami dan menerima fakta dan dampak emosi yang mereka harus tanggung, jangan harapkan anak dapat memahami atau langsung mengerti kondisi orang tua nya atau bisa memaafkan kedua orang tua nya langsung.

Proses berdamai terhadap perselingkuhan memakan waktu cukup panjang bertahun-tahun.
Marilah lebih bijaksana sebagai orang tua dalam berpikir dan bersikap, karena dampak terburuk akan dapat dirasakan oleh anak, apapun masalah nya dan sesulit apapun